Jenis Ikan Hias Air Tawar

Yuk, Kenali Keberagaman Jenis Ikan Hias Air Tawar

Berbagai Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah di Pelihara Para Pemula 

Punya hewan peliharaan bisa jadi hal yang menyenangkan. Jika Anda sedang bingung menentukan jenis hewan yang ingin Anda pelihara. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memelihara ikan hias air tawar. Ikan hias bisa memperindah ruangan Anda. Selain itu, ikan hias tidak akan merepotkan. Selama Anda memiliki perlengkapan dan ruang yang memadai Anda bisa memelihara ikan hias. Berikut ini jenis-jenis dari ikan hias yang hidup di air tawar.

  1. Ikan Cupang

Ikan jenis ini masih sejenis dengan ikan gurami. Warnanya sangat beragam membuat ikan ini pantas jadi peliharaan yang menyenangkan. Ekornya menjuntai panjang dengan indah ketika ikan ini berenang ke sana kemari. Selain cantik, ikan ini mudah untuk dirawat. Anda tidak akan membutuhkan tempat yang luas atau tambahan oksigen. Sebab, kemampuan hidup ikan ini cukup baik.

Ikan ini sangat agresif bahkan ketika mereka berada dalam satu tempat dengan ikan cupang lainnya. Oleh karena itu, ikan ini harus dipisahkan dengan ikan lainnya. Makanan ikan ini berupa cacing rambut, jentik nyamuk, dan cacing dara.

  1. Ikan Gubby

Ikan lucu ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Ikan kecil ini punya warna ekor dan sirip yang berwarna indah. Ikan ini termasuk ikan hias air tawar yang bisa dicampur, jadi ikan ini tidak akan masalah jika berada satu tempat dengan ikan lain. Apabila Anda mampu merawat ikan ini dengan baik, besar kemungkinan ikan ini bisa berkembang biak karena nyaman dengan tempat tinggalnya.

  1. Ikan Pedang

Tidak seperti ikan yang sebelumnya, ikan ini punya warna merah polos. Bentuk siripnya memandang dan lancip pada ujungnya. Bentuk lancip itulah yang memberi kesan bentuk pedang pada tubuh ikan ini.

Anda tidak perlu merawat ikan ini secara khusus sebab ikan ini cukup mudah untuk dipelihara. Makanan ikan ini juga sangat gampang, ikan ini bisa makan pelet ikan yang banyak dijual di toko hewan. Menyenangkannya lagi ikan ini tidak memerlukan alat oksigen dalam akuariumnya.

  1. Ikan Molly

Ikan imut ini punya bentuk tubuh yang lucu dan mengemaskan. Sifat ikan ini mudah untuk jinak sehingga sangat menyenangkan untuk dipelihara. Banyak para pencinta binatang yang merekomendasikan ikan ini untuk para pemula. Bentuk tubuh yang gempal dan warna yang memikat menjadikan ikan ini pantas masuk dalam daftar ikan yang bisa Anda pelihara. Walaupun mungil, daya tahan ikan ini cukup kuat dan tidak memerlukan bantuan pompa oksigen untuk bisa bertahan hidup di akuarium.

  1. Ikan Tetra

Jenis ikan ini sangat pas untuk Anda yang suka ikan kecil yang bergerombol. Ikan ini sangat senang hidup dengan berkelompok. Ikan ini punya beragam warna. Untuk Anda yang punya kantong pas-pasan Anda bisa memilih ikan ini, sebab harganya cukup terjangkau. Jika Anda ingin yang lebih mahal, ada salah satu jenis dari ikan ini yang langka dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu ekornya.

  1. Ikan Black Ghost

Ikan berwarna gelap ini memiliki habitat aslinya ada di Amazon dan Suriname. Warnanya yang hitam pekat dan bentuknya yang pipih membuat ikan ini terlihat unik. Tampilan sirip yang memanjang pada ikan ini, membuat ikan ini terkesan seperti bayangan hantu yang berkelebat.

Ikan ini tidak sulit untuk diberi makan. Sebab, ikan ini tidak terlalu pilih-pilih makanan. Makanan kesukaannya adalah serangga air yang berukuran kecil dan jentik nyamuk. Anda yang tidak ingin repot bisa menggunakan pelet ikan.

  1. Ikan Oscar

Ikan ini terlihat lebih sanggar dibanding ikan hias kecil lainnya. Secara fisik bentuk ikan ini hampir mirip dengan ikan nilai. Perawakan tubuhnya kokoh dan terlihat kuat. Warna tubuhnya biasanya merupakan pola warna kombinasi. Yang perlu Anda ingat, ikan ini adalah ikan karnivora yang agresif, jadi pastikan Anda tidak menyatukannya dengan ikan hias yang lainnya.

  1. Ikan Manfish

Ingin ikan dengan bentuk yang elegan? Ikan ini bisa jadi pilihan Anda. Bentuk ikan yang khas dengan warna yang berpadu apik menjadikan ikan ini sangat enak dipandang mata. Ikan ini akan bergerak dengan tenang dan gemulai. Gerakan ikan ini akan membuat Anda betah memandangnya lama-lama.

  1. Ikan Platy

Ikan tambun ini akan membuat Anda senang melihatnya. Sekilas ikan ini mirip dengan ikan molly. Akan tetapi, ikan ini punya warna yang lebih terang dan mencolok. Anda yang pemula akan sangat senang memelihara ikan ini sebab harganya murah, perawatannya mudah, dan sifatnya jinak.

  1. Ikan komet

Ikan ini cukup populer di dunia para pencinta ikan hias. Hal yang membuatnya digemari adalah daya tahan tubuhnya bagus dan perawatannya tidak merepotkan. Ikan ini bisa jadi peliharaan yang pas bagi para pemula. Ikan ini bisa berbaur dengan ikan jenis lainnya. Keindahan dari ikan ini adalah pola warna yang beragam.

  1. Ikan Hias Niassa

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan ini. Anda harus menjaga keadaan dalam akuarium nyaman untuk ikan dan punya suhu yang stabil. Jika kondisi akuariumnya nyaman, ikan ini bisa bertahan hidup cukup lama. Ikan ini suka makanan berupa cacing sutera, cacing tanah, dan kutu air.

  1. Ikan Botia

Ikan satu ini sudah banyak dikenal dan disukai para pencinta ikan. Ikan ini tempat alami hidupnya adalah di sungai dengan arus yang deras. Bagi Anda yang berminat untuk memelihara ikan cantik ini Anda harus memasang sirkulasi untuk membuat efek arus dalam akuarium. Dengan begitu, ikan ini bisa beradaptasi dan merasa nyaman dengan tempat tinggalnya.

Supaya ikan ini bisa bertahan hidup lebih lama, suhu air harus berada di kisaran 24-26 derajat celcius. Anda lebih baik memelihara ikan ini tidak lebih dari 6 ekor dalam satu akuarium. Sebab, ikan ini ukurannya cukup besar. Jumlah yang terlalu banyak akan membuat akuarium menjadi terlalu penuh. Kondisi tersebut bisa membuat ikan merasa stres.

  1. Corydoras

Ikan ini sangat unik sebab ikan ini punya kemiripan dengan tikus. Ikan ini bisa hidup dengan baik pada suhu air sekitar 24-28 derajat celcius. Ikan unik ini asalnya dari Sungai Amazon. Oleh karena itu, ikan ini bisa beradaptasi dengan baik jika kondisi dalam akuarium punya kemiripan dengan habitat aslinya.

Ikan jenis ini sangat suka memakan sisa makanan yang ada di dasar akuarium. Ikan ini juga punya kebiasaan untuk berenang ke arah dasar akuarium dan merasakan tekstur pasir. Oleh karena itu, akan sangat baik apabila Anda memberi pasir di dasar akuarium sebagai tempat untuk ikan ini bermain.

  1. Silver Dollar Fish

Ikan jenis ini bentuknya menyerupai piranha. Ikan ini harganya cukup mahal. Kebanyakan orang memelihara ikan ini lebih sebagai bisnis. Ukuran ikan ini tidak terlalu besar, yakni sekitar 15 cm. Makanan ikan ini adalah sayuran atau tumbuhan, sebab ikan ini merupakan ikan herbivora. Suhu air di akuarium yang paling ideal untuk membuat ikan ini nyaman yaitu 26-30 derajat celsius.

Beraneka Ragam Ikan Hias Air Tawar yang Sangat Cantik

  1. Ikan Diskus

Ikan ini dapat hidup di Sungai Amazon. Ikan hias ini sangat terkenal di kalangan para pencinta ikan hias. Dari segi warna ikan ini punya warna yang cukup bervariasi. ikan ini punya warna cokelat, merah, biru cerah, dan oranye. Uniknya, ikan ini ada yang hanya berwarna putih saja. Sudah banyak orang yang membudidayakan ikan ini, agar mendapat lebih banyak variasi warna. Anda akan dibuat kagum dengan keindahan ikan ini.

  1. Ikan Goldfish

Anda mungkin sudah tidak asing dengan ikan satu ini. Ikan ini sudah dikenal secara umum sebagai ikan hias yang cocok untuk akuarium. Ikan ini punya beragam ukuran dan warna. Ciri khas fisik dari ikan ini adalah ekor yang melebar serupa dengan kipas dan bagian perutnya gemuk bundar. Jika memelihara ikan ini pastikan Anda rajin mengganti sekitar 10 % dari airnya untuk setiap Minggu. Selain itu, perhatikan juga suhu air dari tempat tinggal ikan.

  1. Ikan Peacock Cichlid

Karakteristik fisik dari ikan ini berbeda dengan ikan hias air tawar pada umumnya. Ciri utama dari ikan ini yakni pada warnanya. Ikan ini mempunyai warna cerah yang memikat mata. Warna dari tubuhnya merupakan percampuran dari warna oranye, biru, dan emas, dengan garis gelap yang ada di sekeliling tubuhnya. Sifat ikan ini sangat menyenangkan karena sifatnya yang ramah ketika berada satu tempat dengan ikan lain.

  1. Boeseman’s Rainbowfish

Ikan ini sangat unik dan dari namanya Anda mungkin sudah mengira warna dari ikan ini. Ikan ini punya warna yang sangat menawan, Warna sisinya bermacam-macam dan membuatnya seakan menyala dalam gelap. Ikan ini termasuk ikan endemik. Ikan ini hidup di bagian timur New Guinea. Salah satu yang menarik, kepribadian dari ikan jenis ini cukup tenang. Jenis ini sangat disukai para pencinta ikan hias.

  1. Ikan Gurami

Ikan ini tentu sudah sering Anda lihat. Ikan ini bisa menjadi ikan hias air tawar yang sangat cantik. Ikan ini bisa di temui di negara seperti India, Pakistan, dan Korea. Ikan ini ternyata masih memiliki beberapa jenis. Setiap jenisnya punya warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna emas, biru, Jingga, dan lainnya. Ikan ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara, karena itu banyak orang memilih ikan ini sebagai peliharaan.

  1. Endlers Livebearer

ikan hias air tawar terindah ini termasuk sulit untuk ditemukan. Terutama jika Anda mencari ikan ini di toko ikan hias yang umum. Sepintas ikan ini hampir sama dengan ikan guppy yang liar. Ikan jenis ini punya warna neon bergradasi hitam, kuning, oranye, biru, dan hijau. Karakter dari ikan ini cukup ramah selain itu ikan ini juga mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jadi, ikan ini tidak mudah mengalami stres.

  1. German Blue Ram

Ukuran ikan ini tergolong kecil. Ikan ini punya sifat yang tenang. Warna dari ikan ini cukup bermacam-macam, karenanya ikan ini sangat menyenangkan dipandang mata. Secara umum warna ikan ini didominasi warna hijau dan kuning, serta terdapat bintik biru pada bagian siripnya. Ciri lainnya, ikan ini memiliki tujuh garis gelap vertikal serta satu garis di bagian kepalanya. Garis tersebut menyusuri area perut, sirip bawah, mata sampai ekor.

  1. Ikan Betta

Siapa yang tidak kenal dengan ikan ini? ikan mungil ini punya varian warna yang menarik. Ada yang berwarna merah kuning, hitam, putih, biru, dan ungu. Jika Anda beruntung Anda mungkin akan menemukan ikan jenis ini yang punya warna monokrom dengan gradasi yang unik. Ketika ikan ini berenang sirip panjang dan ekornya akan berkelebat. Walaupun berukuran kecil ikan ini bisa bertahan hidup cukup lama.

  1. Killifish

Penyebaran ikan ini ada di area Amerika Selatan, Asia, Amerika Utara, Afrika, dan sebagian dari Eropa. Warnanya sangat beraneka macam, ada yang oranye, biru, dan merah. Ikan ini juga punya bintik oranye dengan garis di sekitar tubuhnya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar dengan Harga yang Mencengangkan

  1. Ikan Koi Jepang

Masyarakat Jepang punya kepercayaan bahwa ikan koi merupakan salah satu makhluk yang mulia. Menurut cerita, ikan ini dapat berenang di ari terjun yang deras dengan penuh keberanian. Ikan ini menjadi suatu simbol atau dianggap dapat memberi kesuksesan atas kerja keras yang dilakukan. Nilai simbolis ini menjadi salah satu nilai tambah yang membuat ikan ini jadi salah satu ikan hias air tawar termahal.

Anda yang ingin memelihara ikan ini sebaiknya beli dahulu yang kecil. Saat masih kecil harga ikan ini hanya berkisar puluhan ribu rupiah. Jika ikan sudah besar dan mempunyai motif yang unik harga ikan ini bisa melambung sangat tinggi. Bahkan dulu sempat ada yang memiliki ikan koi berwarna emas yang jika dijual dihargai miliaran rupiah. Ikan ini termasuk ikan yang dapat hidup lama. Umurnya bisa mencapai 30 tahun.

  1. Ikan Arwana

Meskipun ikan ini tergolong jenis ikan yang sering Anda temui. Harga ikan ini bukan main mahalnya. Terutama jenis Ikan arwana platinum dapat mencapai harga jual hingga miliaran rupiah. Jenis ikan arwana platinum bisa mencapai angka fantastis karena dalam tubuhnya di tanam micro chip.

Sifat dari ikan ini sangat agresif. Ketika di alam liar ikan ini termasuk ikan yang Andal dalam berburu mangsa. Anda lebih baik tidak memasukkan jari Anda ke air tempat arwana berada. Sebab, ikan ini akan menyambar jari Anda dan menimbulkan cedera. Ikan ini membutuhkan ruang gerak yang luas, karena tubuhnya dapat tumbuh memanjang sampai 3 kaki.

  1. Polkadot Stingray

ikan pari polkadot ini bukanlah ikan pari yang biasa. Ikan ini punya lingkaran putih yang membuatnya tampak seperti motif polkadot. Keunikan ikan ini tidak saja terletak pada motif tubuhnya tapi juga pada harganya yang mahal.

Habitat asli dari ikan ini ada di Amazon. Untuk memelihara ikan ini Anda membutuhkan akuarium yang besar. Perilaku ikan ini cukup agresif. Anda harus sangat berhati-hati dengan sengatnya. Seumpama Anda terkena sengatannya Anda bisa terluka atau mengalami mati rasa.

  1. Ikan Lou Han

Ikan satu ini merupakan salah satu ikan yang populer di Indonesia. Ikan jenis ini mencapai puncak kepopulerannya di tahun 2000. Pada tahun itu, ikan ini nilai jualnya mencapai puluhan juta rupiah. Harga ikan ini bergantung pada corak sisiknya. Ciri khas dari ikan ini adalah bentuk kepala yang jenong. Walau harganya mahal ikan ini cukup mudah untuk dirawat.

  1. African Cichlids

Sepintas dilihat Anda mungkin mengira ikan ini sebagai ikan air asin. Faktanya, ikan ini adalah ikan air tawar yang hidup di dalam Danau Malawi, Afrika. Bentuk ikan ini mirip dengan ikan mujair. Tetapi warnanya lebih cantik, sehingga sangat cocok dijadikan ikan hias. Penampilan warnanya yang terang membuat ikan ini seperti menyala. Warna dari iak ini ada yang ungu, kuning, dan biru.

  1. Red Texas Cichilds

Ikan air tawar ini sekilas mirip dengan ikan lou han atau African cichilids. Hal itu tidak mengherankan, karena ikan ini masih satu ras dengan kedua ikan tersebut. Ikan red texas sulit untuk ditemukan. Ikan ini hanya ada saat musim tertentu dan hanya bisa didapat dari para peternak. Dikarenakan ikan ini sangat jarang, ikan ini bisa dijual jutaan rupiah untuk satu ekornya.

  1. Guppy Albino Platinum

Walaupun masih sejenis ikan ini bukan ikan guppy pada umumnya. Ikan ini punya warna yang khas. Seluruh tubuh dari ikan ini didominasi oleh warna platinum. Kecantikan ikan ini makin bertambah karena ekornya yang panjang dan mekar. Sebutan albino didapat ikan ini karena warnanya yang sedikit pucat mirip dengan warna kulit albino. Anda perlu merogoh kocek puluhan sampai ratusan ribu rupiah untuk setiap ekornya.

  1. Vampire Tetra

Ikan ini ukurannya tidak sebesar ikan arwana. Anda jangan terkecoh dengan bentuk tubuhnya yang terlihat biasa. Ikan ini sangat agresif dengan gigi tajam sebagai senjata utamanya. Anda yang tertarik untuk memelihara ikan ini sebaiknya bersiap-siap untuk melakukan perawatan ekstra. Sebab, ikan ini usia hidupnya singkat.

Ikan ini harganya bisa mencapai 1 juta rupiah. Makanan ikan ini adalah ikan hidup, jadi ikan ini tidak akan tertarik untuk makan makanan berupa ikan kaleng atau ikan beku. Jika Anda berniat memelihara ikan ini pastikan Anda menempatkannya di akuarium yang terpisah dengan ikan lainnya.

  1. Peppermint Angelfish

Ikan ini secara fisik punya kesamaan dengan ikan badut. Meskipun secara fisik terlihat simpel ikan ini ternyata adalah ikan hias air tawar langka. Ikan langka ini dijual dengan harga yang mencengangkan. Untuk setiap ekornya ikan ini dipatok dengan harga 400 juta rupiah. Mahal bukan?

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar di Dalam Akuarium dengan Benar

  1. Rutin Mengganti Air Akuarium

Air merupakan media utama bagi ikan untuk hidup. Air akuarium yang dibiarkan kotor terlalu lama apalagi tidak diganti berminggu-minggu bisa mengganggu kesehatan ikan. Air yang keruh dan mengandung banyak kotoran bisa menjadi sumber penyakit bagi ikan. Jika ikan sudah sakit, kemungkinan besar ikan akan cepat mati.

Anda harus melakukan penggantian air akuarium dengan rutin. Lakukan penggantian air paling tidak 2 kali seminggu. Usahakan untuk tidak menggunakan air berkaporit sebab air tersebut mengandung bahan kimia. Jika Anda terpaksa memakai air berkaporit, Anda sebaiknya mendiamkan air tersebut selama semalam hingga kaporit mengendap. Lalu gunakan hanya bagian atas dari air.

  1. Bersihkan Kaca Secara Berkala

Pembersihan kaca akuarium tidak saja bertujuan untuk menjaga keindahan akuarium. Pembersihan kaca dibutuhkan untuk mencegah kaca ditumbuhi lumut. Kaca akuarium bisa terkena lumut karena cahaya matahari yang mengenai kaca dan kelembaban air. Jika lumut sudah tumbuh, air dalam akuarium akan mudah kotor.

Anda bisa mengatasi lumut di akuarium dengan memelihara hewan air pemakan lumut. Ada banyak jenis yang bisa Anda pilih, mulai dari malaysian snail, pond snail, ikan siamese, dan jenis lainnya. Alternatif cara lainnya yakni dengan menggunakan obat. Ada jenis obat tertentu yang memang dikhususkan untuk mencegah lumut. Gunakan obat sesuai petunjuk agar obat tidak meracuni ikan di dalam akuarium.

Anda tidak ingin melakukan kedua cara di atas? Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan secara manual. Pembersihan manual mungkin membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Anda bisa menggunakan dacron, busa resin, atau silet untuk memudahkan pekerjaan Anda.

  1. Cek dan Bersihkan Penyaring Air

Penyaring air akuarium sangat berguna untuk menjaga kualitas air dalam akuarium. Anda harus selalu memastikan bahwa fungsi penyaring air sudah berjalan dengan benar. Sirkulasi pada penyaring air harus berjalan dengan lancar. Jika penyaring mengalami hambatan dalam fungsinya maka air dalam akuarium malah jadi makin kotor.

Anda perlu mencegah masalah pada penyaring air dengan selalu mengecek penyaring. Apabila Anda menemukan adanya sumbatan, Anda harus langsung membersihkannya. Pengecekan dan pembersihan penyaring air bisa Anda lakukan seminggu sekali. Jika dalam pengecekan Anda menemukan ada kerusakan pada penyaring, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

  1. Bersihkan Bebatuan dan Hiasan yang Ada di Akuarium

Saat membersihkan akuarium kebanyakan orang sering mengabaikan untuk membersihkan bebatuan dan ornamen akuarium. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi masalah untuk ikan dalam akuarium. Padahal kotoran sering kali menempel hingga ke bebatuan dan hiasan dalam akuarium. Kotoran yang dibiarkan menumpuk terlalu lama bisa menjadi racun bagi ikan dalam akuarium.

Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan bebatuan dan ornamen. Meskipun terdengar sangat merepotkan akan tetapi hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ikan. Anda tidak perlu terlalu sering membersihkannya. Anda hanya harus membersihkannya minimal sebulan sekali. Anda bisa menyemprot bebatuan dan hiasan dengan selang. Anda perlu menggunakan bahan pembersih kimia untuk melakukan pembersihan ini.

  1. Merawat Tanaman Air

Apabila dalam akuarium ikan Anda terdapat tanaman air. Anda perlu merawat tanaman tersebut dengan baik. Tanaman yang tumbuh dengan sehat akan membuat ikan betah dan tidak merasa stres. Tanaman air juga bisa menjadi penyuplai oksigen alami bagi ikan.

Sama halnya dengan tanaman yang di darat. Untuk merawat tanaman air Anda hanya perlu memangkas bagian yang sudah layu atau mati. Dengan begitu, akan tumbuh tunas baru yang lebih sehat. Dengan Anda membuang bagian yang layu dari tanaman air, Anda otomatis menjaga kondisi air akuarium tetap bagus. Sebab, bagian tanaman air yang mati bisa menyebabkan air dalam akuarium menjadi keruh.

Demikianlah, beberapa ulasan menarik seputar jenis dari ikan hias air tawar. Jenisnya sangat beragam dan tiap jenis punya bentuk serta warna yang berbeda. Ikan air tawar ada yang bentuknya unik dan cantik. Ada pula ikan hias yang harganya sangat mahal. Bagi Anda yang pemula Anda bisa memilih ikan hias yang mudah untuk dirawat. Cara perawatannya juga tidaklah sulit selama dilakukan dengan baik dan teratur.

 

Yuk, Kenali Keberagaman Jenis Ikan Hias Air Tawar

Berbagai Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah dipelihara Para Pemula 

Punya hewan peliharaan bisa jadi hal yang menyenangkan. Jika Anda sedang bingung menentukan jenis hewan yang ingin Anda pelihara. Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memelihara ikan hias air tawar. Ikan hias bisa memperindah ruangan Anda. Selain itu, ikan hias tidak akan merepotkan. Selama Anda memiliki perlengkapan dan ruang yang memadai Anda bisa memelihara ikan hias. Berikut ini jenis ikan hias air tawar.

1. Ikan Louhan

Ikan hias satu ini merupakan salah satu ikan yang populer di Indonesia. Ikan jenis ini mencapai puncak kepopulerannya di tahun 2000. Pada tahun itu, ikan ini nilai jualnya mencapai puluhan juta rupiah. Harga ikan ini bergantung pada corak sisik dan ukuran jenong kepalanya. Ciri khas dari ikan ini adalah bentuk kepala yang jenong. Walau harganya mahal ikan ini sangat populer di kalangan pencinta ikan hias di dunia dan Indonesia.

2. Ikan Discus

Ikan ini dapat hidup di sungai Amazon. Ikan hias ini sangat terkenal di kalangan para pencinta ikan hias Indonesia. Dari segi warna ikan ini punya warna yang cukup bervariasi. ikan ini punya warna cokelat, merah, biru cerah, dan oranye. Uniknya, ikan ini ada yang hanya berwarna putih saja. Sudah banyak orang yang membudidayakan ikan ini, agar mendapat lebih banyak variasi warna. Anda akan dibuat kagum dengan keindahan ikan ini.

3. Ikan Cupang

Ikan jenis ini masih sejenis dengan ikan gurami. Warnanya sangat beragam membuat ikan ini pantas jadi peliharaan yang menyenangkan. Ekornya menjuntai panjang dengan indah ketika ikan ini berenang ke sana kemari. Selain cantik, ikan ini mudah untuk dirawat. Anda tidak akan membutuhkan tempat yang luas atau tambahan oksigen. Sebab, kemampuan hidup ikan ini cukup baik.

Ikan ini sangat agresif bahkan ketika mereka berada dalam satu tempat dengan ikan cupang lainnya. Oleh karena itu, ikan ini harus dipisahkan dengan ikan lainnya. Makanan ikan ini berupa cacing rambut, jentik nyamuk, dan cacing darah.

4. Ikan Guppy

Ikan lucu ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Ikan kecil ini punya warna ekor dan sirip yang berwarna indah. Ikan ini termasuk ikan hias air tawar yang bisa dicampur, jadi ikan ini tidak akan masalah jika berada satu tempat dengan ikan lain. Apabila Anda mampu merawat ikan ini dengan baik, besar kemungkinan ikan ini bisa berkembang biak karena nyaman dengan tempat tinggalnya.

5. Ikan Koi Jepang

Masyarakat Jepang punya kepercayaan bahwa ikan koi merupakan salah satu makhluk yang mulia. Menurut cerita, ikan ini dapat berenang di ari terjun yang deras dengan penuh keberanian. Ikan ini menjadi suatu simbol atau dianggap dapat memberi kesuksesan atas kerja keras yang dilakukan. Nilai simbolis ini menjadi salah satu nilai tambah yang membuat ikan ini jadi salah satu ikan hias air tawar termahal.

Anda yang ingin memelihara ikan ini sebaiknya beli dahulu yang kecil. Saat masih kecil harga ikan ini hanya berkisar puluhan ribu rupiah. Jika ikan sudah besar dan mempunyai motif yang unik harga ikan ini bisa melambung sangat tinggi. Bahkan dulu sempat ada yang memiliki ikan koi berwarna emas yang jika dijual dihargai miliaran rupiah. Ikan ini termasuk ikan yang dapat hidup lama. Umurnya bisa mencapai 30 tahun.

6. Ikan Arwana ( Arowana )

Meskipun ikan ini tergolong jenis ikan yang sering Anda temui. Harga ikan ini bukan main mahalnya. Terutama jenis Ikan arwana platinum dapat mencapai harga jual hingga miliaran rupiah. Jenis ikan arwana platinum bisa mencapai angka fantastis karena dalam tubuhnya di tanam micro chip.

Sifat dari ikan ini sangat agresif. Ketika di alam liar ikan ini termasuk ikan yang Andal dalam berburu mangsa. Anda lebih baik tidak memasukkan jari Anda ke air tempat arwana berada. Sebab, ikan ini akan menyambar jari Anda dan menimbulkan cedera. Ikan ini membutuhkan ruang gerak yang luas, karena tubuhnya dapat tumbuh memanjang sampai 3 kaki.

7. Ikan Mas Koki ( Goldfish )

Anda mungkin sudah tidak asing dengan ikan satu ini. Ikan ini sudah dikenal secara umum sebagai ikan hias yang cocok untuk akuarium. Ikan ini punya beragam ukuran dan warna. Ciri khas fisik dari ikan ini adalah ekor yang melebar serupa dengan kipas dan bagian perutnya gemuk bundar. Jika memelihara ikan ini pastikan Anda rajin mengganti sekitar 10 % dari airnya untuk setiap Minggu. Selain itu, perhatikan juga suhu air dari tempat tinggal ikan.

8. Ikan Oscar

Ikan ini terlihat lebih sanggar dibanding ikan hias kecil lainnya. Secara fisik bentuk ikan ini hampir mirip dengan ikan nilai. Perawakan tubuhnya kokoh dan terlihat kuat. Warna tubuhnya biasanya merupakan pola warna kombinasi. Yang perlu Anda ingat, ikan ini adalah ikan karnivora yang agresif, jadi pastikan Anda tidak menyatukannya dengan ikan hias yang lainnya.

9. Ikan Manfish

Ingin ikan dengan bentuk yang elegan? Ikan ini bisa jadi pilihan Anda. Bentuk ikan yang khas dengan warna yang berpadu apik menjadikan ikan ini sangat enak dipandang mata. Ikan ini akan bergerak dengan tenang dan gemulai. Gerakan ikan ini akan membuat Anda betah memandangnya lama-lama.

10. Ikan Botia

Ikan satu ini sudah banyak dikenal dan disukai para pencinta ikan. Ikan ini tempat alami hidupnya adalah di sungai dengan arus yang deras. Bagi Anda yang berminat untuk memelihara ikan cantik ini Anda harus memasang sirkulasi untuk membuat efek arus dalam akuarium. Dengan begitu, ikan ini bisa beradaptasi dan merasa nyaman dengan tempat tinggalnya.

Supaya ikan ini bisa bertahan hidup lebih lama, suhu air harus berada di kisaran 24-26 derajat celcius. Anda lebih baik memelihara ikan ini tidak lebih dari 6 ekor dalam satu akuarium. Sebab, ikan ini ukurannya cukup besar. Jumlah yang terlalu banyak akan membuat akuarium menjadi terlalu penuh. Kondisi tersebut bisa membuat ikan merasa stres.

  1. Ikan Pedang

Tidak seperti ikan yang sebelumnya, ikan ini punya warna merah polos. Bentuk siripnya memandang dan lancip pada ujungnya. Bentuk lancip itulah yang memberi kesan bentuk pedang pada tubuh ikan ini.

Anda tidak perlu merawat ikan ini secara khusus sebab ikan ini cukup mudah untuk dipelihara. Makanan ikan ini juga sangat gampang, ikan ini bisa makan pelet ikan yang banyak dijual di toko hewan. Menyenangkannya lagi ikan ini tidak memerlukan alat oksigen dalam akuariumnya.

  1. Ikan Molly

Ikan imut ini punya bentuk tubuh yang lucu dan mengemaskan. Sifat ikan ini mudah untuk jinak sehingga sangat menyenangkan untuk dipelihara. Banyak para pencinta binatang yang merekomendasikan ikan ini untuk para pemula. Bentuk tubuh yang gempal dan warna yang memikat menjadikan ikan ini pantas masuk dalam daftar ikan yang bisa Anda pelihara. Walaupun mungil, daya tahan ikan ini cukup kuat dan tidak memerlukan bantuan pompa oksigen untuk bisa bertahan hidup di akuarium.

  1. Ikan Tetra

Jenis ikan ini sangat pas untuk Anda yang suka ikan kecil yang bergerombol. Ikan ini sangat senang hidup dengan berkelompok. Ikan ini punya beragam warna. Untuk Anda yang punya kantong pas-pasan Anda bisa memilih ikan ini, sebab harganya cukup terjangkau. Jika Anda ingin yang lebih mahal, ada salah satu jenis dari ikan ini yang langka dan harganya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu ekornya.

  1. Ikan Black Ghost

Ikan berwarna gelap ini memiliki habitat aslinya ada di Amazon dan Suriname. Warnanya yang hitam pekat dan bentuknya yang pipih membuat ikan ini terlihat unik. Tampilan sirip yang memanjang pada ikan ini, membuat ikan ini terkesan seperti bayangan hantu yang berkelebat.

Ikan ini tidak sulit untuk diberi makan. Sebab, ikan ini tidak terlalu pilih-pilih makanan. Makanan kesukaannya adalah serangga air yang berukuran kecil dan jentik nyamuk. Anda yang tidak ingin repot bisa menggunakan pelet ikan.

 

 

  1. Ikan Platy

Ikan tambun ini akan membuat Anda senang melihatnya. Sekilas ikan ini mirip dengan ikan molly. Akan tetapi, ikan ini punya warna yang lebih terang dan mencolok. Anda yang pemula akan sangat senang memelihara ikan ini sebab harganya murah, perawatannya mudah, dan sifatnya jinak.

  1. Ikan komet

Ikan ini cukup populer di dunia para pencinta ikan hias. Hal yang membuatnya digemari adalah daya tahan tubuhnya bagus dan perawatannya tidak merepotkan. Ikan ini bisa jadi peliharaan yang pas bagi para pemula. Ikan ini bisa berbaur dengan ikan jenis lainnya. Keindahan dari ikan ini adalah pola warna yang beragam.

  1. Ikan Hias Niassa

Bagi Anda yang ingin memelihara ikan ini. Anda harus menjaga keadaan dalam akuarium nyaman untuk ikan dan punya suhu yang stabil. Jika kondisi akuariumnya nyaman, ikan ini bisa bertahan hidup cukup lama. Ikan ini suka makanan berupa cacing sutera, cacing tanah, dan kutu air.

 

  1. Corydoras

Ikan ini sangat unik sebab ikan ini punya kemiripan dengan tikus. Ikan ini bisa hidup dengan baik pada suhu air sekitar 24-28 derajat celcius. Ikan unik ini asalnya dari Sungai Amazon. Oleh karena itu, ikan ini bisa beradaptasi dengan baik jika kondisi dalam akuarium punya kemiripan dengan habitat aslinya.

Ikan jenis ini sangat suka memakan sisa makanan yang ada di dasar akuarium. Ikan ini juga punya kebiasaan untuk berenang ke arah dasar akuarium dan merasakan tekstur pasir. Oleh karena itu, akan sangat baik apabila Anda memberi pasir di dasar akuarium sebagai tempat untuk ikan ini bermain.

  1. Silver Dollar Fish

Ikan jenis ini bentuknya menyerupai piranha. Ikan ini harganya cukup mahal. Kebanyakan orang memelihara ikan ini lebih sebagai bisnis. Ukuran ikan ini tidak terlalu besar, yakni sekitar 15 cm. Makanan ikan ini adalah sayuran atau tumbuhan, sebab ikan ini merupakan ikan herbivora. Suhu air di akuarium yang paling ideal untuk membuat ikan ini nyaman yaitu 26-30 derajat celsius.

Beraneka Ragam Ikan Hias Air Tawar yang Sangat Cantik

 

  1. Ikan Peacock Cichlid

Karakteristik fisik dari ikan ini berbeda dengan ikan hias air tawar pada umumnya. Ciri utama dari ikan ini yakni pada warnanya. Ikan ini mempunyai warna cerah yang memikat mata. Warna dari tubuhnya merupakan percampuran dari warna oranye, biru, dan emas, dengan garis gelap yang ada di sekeliling tubuhnya. Sifat ikan ini sangat menyenangkan karena sifatnya yang ramah ketika berada satu tempat dengan ikan lain.

  1. Boeseman’s Rainbowfish

Ikan ini sangat unik dan dari namanya Anda mungkin sudah mengira warna dari ikan ini. Ikan ini punya warna yang sangat menawan, Warna sisinya bermacam-macam dan membuatnya seakan menyala dalam gelap. Ikan ini termasuk ikan endemik. Ikan ini hidup di bagian timur New Guinea. Salah satu yang menarik, kepribadian dari ikan jenis ini cukup tenang. Jenis ini sangat disukai para pencinta ikan hias.

  1. Ikan Gurami

Ikan ini tentu sudah sering Anda lihat. Ikan ini bisa menjadi ikan hias air tawar yang sangat cantik. Ikan ini bisa di temui di negara seperti India, Pakistan, dan Korea. Ikan ini ternyata masih memiliki beberapa jenis. Setiap jenisnya punya warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna emas, biru, Jingga, dan lainnya. Ikan ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara, karena itu banyak orang memilih ikan ini sebagai peliharaan.

  1. Endlers Livebearer

ikan hias air tawar terindah ini termasuk sulit untuk ditemukan. Terutama jika Anda mencari ikan ini di toko ikan hias yang umum. Sepintas ikan ini hampir sama dengan ikan guppy yang liar. Ikan jenis ini punya warna neon bergradasi hitam, kuning, oranye, biru, dan hijau. Karakter dari ikan ini cukup ramah selain itu ikan ini juga mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Jadi, ikan ini tidak mudah mengalami stres.

  1. German Blue Ram

Ukuran ikan ini tergolong kecil. Ikan ini punya sifat yang tenang. Warna dari ikan ini cukup bermacam-macam, karenanya ikan ini sangat menyenangkan dipandang mata. Secara umum warna ikan ini didominasi warna hijau dan kuning, serta terdapat bintik biru pada bagian siripnya. Ciri lainnya, ikan ini memiliki tujuh garis gelap vertikal serta satu garis di bagian kepalanya. Garis tersebut menyusuri area perut, sirip bawah, mata sampai ekor.

  1. Ikan Betta

Siapa yang tidak kenal dengan ikan ini? ikan mungil ini punya varian warna yang menarik. Ada yang berwarna merah kuning, hitam, putih, biru, dan ungu. Jika Anda beruntung Anda mungkin akan menemukan ikan jenis ini yang punya warna monokrom dengan gradasi yang unik. Ketika ikan ini berenang sirip panjang dan ekornya akan berkelebat. Walaupun berukuran kecil ikan ini bisa bertahan hidup cukup lama.

  1. Killifish

Penyebaran ikan ini ada di area Amerika Selatan, Asia, Amerika Utara, Afrika, dan sebagian dari Eropa. Warnanya sangat beraneka macam, ada yang oranye, biru, dan merah. Ikan ini juga punya bintik oranye dengan garis di sekitar tubuhnya.

Jenis Ikan Hias Air Tawar dengan Harga yang Mencengangkan

  1. Polkadot Stingray

ikan pari polkadot ini bukanlah ikan pari yang biasa. Ikan ini punya lingkaran putih yang membuatnya tampak seperti motif polkadot. Keunikan ikan ini tidak saja terletak pada motif tubuhnya tapi juga pada harganya yang mahal.

Habitat asli dari ikan ini ada di Amazon. Untuk memelihara ikan ini Anda membutuhkan akuarium yang besar. Perilaku ikan ini cukup agresif. Anda harus sangat berhati-hati dengan sengatnya. Seumpama Anda terkena sengatannya Anda bisa terluka atau mengalami mati rasa.

 

  1. African Cichlids

Sepintas dilihat Anda mungkin mengira ikan ini sebagai ikan air asin. Faktanya, ikan ini adalah ikan air tawar yang hidup di dalam Danau Malawi, Afrika. Bentuk ikan ini mirip dengan ikan mujair. Tetapi warnanya lebih cantik, sehingga sangat cocok dijadikan ikan hias. Penampilan warnanya yang terang membuat ikan ini seperti menyala. Warna dari iak ini ada yang ungu, kuning, dan biru.

  1. Red Texas Cichilds

Ikan air tawar ini sekilas mirip dengan ikan lou han atau African cichilids. Hal itu tidak mengherankan, karena ikan ini masih satu ras dengan kedua ikan tersebut. Ikan red texas sulit untuk ditemukan. Ikan ini hanya ada saat musim tertentu dan hanya bisa didapat dari para peternak. Dikarenakan ikan ini sangat jarang, ikan ini bisa dijual jutaan rupiah untuk satu ekornya.

  1. Guppy Albino Platinum

Walaupun masih sejenis ikan ini bukan ikan guppy pada umumnya. Ikan ini punya warna yang khas. Seluruh tubuh dari ikan ini didominasi oleh warna platinum. Kecantikan ikan ini makin bertambah karena ekornya yang panjang dan mekar. Sebutan albino didapat ikan ini karena warnanya yang sedikit pucat mirip dengan warna kulit albino. Anda perlu merogoh kocek puluhan sampai ratusan ribu rupiah untuk setiap ekornya.

  1. Vampire Tetra

Ikan ini ukurannya tidak sebesar ikan arwana. Anda jangan terkecoh dengan bentuk tubuhnya yang terlihat biasa. Ikan ini sangat agresif dengan gigi tajam sebagai senjata utamanya. Anda yang tertarik untuk memelihara ikan ini sebaiknya bersiap-siap untuk melakukan perawatan ekstra. Sebab, ikan ini usia hidupnya singkat.

Ikan ini harganya bisa mencapai 1 juta rupiah. Makanan ikan ini adalah ikan hidup, jadi ikan ini tidak akan tertarik untuk makan makanan berupa ikan kaleng atau ikan beku. Jika Anda berniat memelihara ikan ini pastikan Anda menempatkannya di akuarium yang terpisah dengan ikan lainnya.

  1. Peppermint Angelfish

Ikan ini secara fisik punya kesamaan dengan ikan badut. Meskipun secara fisik terlihat simpel ikan ini ternyata adalah ikan hias air tawar langka. Ikan langka ini dijual dengan harga yang mencengangkan. Untuk setiap ekornya ikan ini dipatok dengan harga 400 juta rupiah. Mahal bukan?

Tips Memelihara Ikan Hias Air Tawar di Dalam Akuarium dengan Benar

  1. Rutin Mengganti Air Akuarium

Air merupakan media utama bagi ikan untuk hidup. Air akuarium yang dibiarkan kotor terlalu lama apalagi tidak diganti berminggu-minggu bisa mengganggu kesehatan ikan. Air yang keruh dan mengandung banyak kotoran bisa menjadi sumber penyakit bagi ikan. Jika ikan sudah sakit, kemungkinan besar ikan akan cepat mati.

Anda harus melakukan penggantian air akuarium dengan rutin. Lakukan penggantian air paling tidak 2 kali seminggu. Usahakan untuk tidak menggunakan air berkaporit sebab air tersebut mengandung bahan kimia. Jika Anda terpaksa memakai air berkaporit, Anda sebaiknya mendiamkan air tersebut selama semalam hingga kaporit mengendap. Lalu gunakan hanya bagian atas dari air.

  1. Bersihkan Kaca Secara Berkala

Pembersihan kaca akuarium tidak saja bertujuan untuk menjaga keindahan akuarium. Pembersihan kaca dibutuhkan untuk mencegah kaca ditumbuhi lumut. Kaca akuarium bisa terkena lumut karena cahaya matahari yang mengenai kaca dan kelembaban air. Jika lumut sudah tumbuh, air dalam akuarium akan mudah kotor.

Anda bisa mengatasi lumut di akuarium dengan memelihara hewan air pemakan lumut. Ada banyak jenis yang bisa Anda pilih, mulai dari malaysian snail, pond snail, ikan siamese, dan jenis lainnya. Alternatif cara lainnya yakni dengan menggunakan obat. Ada jenis obat tertentu yang memang dikhususkan untuk mencegah lumut. Gunakan obat sesuai petunjuk agar obat tidak meracuni ikan di dalam akuarium.

Anda tidak ingin melakukan kedua cara di atas? Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan secara manual. Pembersihan manual mungkin membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih banyak. Anda bisa menggunakan dacron, busa resin, atau silet untuk memudahkan pekerjaan Anda.

  1. Cek dan Bersihkan Penyaring Air

Penyaring air akuarium sangat berguna untuk menjaga kualitas air dalam akuarium. Anda harus selalu memastikan bahwa fungsi penyaring air sudah berjalan dengan benar. Sirkulasi pada penyaring air harus berjalan dengan lancar. Jika penyaring mengalami hambatan dalam fungsinya maka air dalam akuarium malah jadi makin kotor.

Anda perlu mencegah masalah pada penyaring air dengan selalu mengecek penyaring. Apabila Anda menemukan adanya sumbatan, Anda harus langsung membersihkannya. Pengecekan dan pembersihan penyaring air bisa Anda lakukan seminggu sekali. Jika dalam pengecekan Anda menemukan ada kerusakan pada penyaring, segeralah untuk menggantinya dengan yang baru.

  1. Bersihkan Bebatuan dan Hiasan yang Ada di Akuarium

Saat membersihkan akuarium kebanyakan orang sering mengabaikan untuk membersihkan bebatuan dan ornamen akuarium. Mereka beranggapan bahwa hal tersebut tidak akan menjadi masalah untuk ikan dalam akuarium. Padahal kotoran sering kali menempel hingga ke bebatuan dan hiasan dalam akuarium. Kotoran yang dibiarkan menumpuk terlalu lama bisa menjadi racun bagi ikan dalam akuarium.

Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan bebatuan dan ornamen. Meskipun terdengar sangat merepotkan akan tetapi hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan ikan. Anda tidak perlu terlalu sering membersihkannya. Anda hanya harus membersihkannya minimal sebulan sekali. Anda bisa menyemprot bebatuan dan hiasan dengan selang. Anda perlu menggunakan bahan pembersih kimia untuk melakukan pembersihan ini.

  1. Merawat Tanaman Air

Apabila dalam akuarium ikan Anda terdapat tanaman air. Anda perlu merawat tanaman tersebut dengan baik. Tanaman yang tumbuh dengan sehat akan membuat ikan betah dan tidak merasa stres. Tanaman air juga bisa menjadi penyuplai oksigen alami bagi ikan.

Sama halnya dengan tanaman yang di darat. Untuk merawat tanaman air Anda hanya perlu memangkas bagian yang sudah layu atau mati. Dengan begitu, akan tumbuh tunas baru yang lebih sehat. Dengan Anda membuang bagian yang layu dari tanaman air, Anda otomatis menjaga kondisi air akuarium tetap bagus. Sebab, bagian tanaman air yang mati bisa menyebabkan air dalam akuarium menjadi keruh.

Demikianlah, beberapa ulasan menarik seputar jenis dari ikan hias air tawar. Jenisnya sangat beragam dan tiap jenis punya bentuk serta warna yang berbeda. Ikan air tawar ada yang bentuknya unik dan cantik. Ada pula ikan hias yang harganya sangat mahal. Bagi Anda yang pemula Anda bisa memilih ikan hias yang mudah untuk dirawat. Cara perawatannya juga tidaklah sulit selama dilakukan dengan baik dan teratur.

 

Updated: March 21, 2019 — 9:38 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AgenLama Network